Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta

Home » event » Sepenggal Cerita Kegiatan Memperingati Tahun Baru Islam 1430 H

Sepenggal Cerita Kegiatan Memperingati Tahun Baru Islam 1430 H

January 2009
M T W T F S S
« Nov   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Akhirnya..

Setelah butuh perjuangan dan kerja keras, serta pengorbanan materi dan moril, kami pengurus OSIS / PPK MAN 4 model Jakarta pada periode 2008-2009 telah melaksanakan sebuah acara untuk memperingati tahun baru Muharram 1430 H. Acara tersebut terlaksana tepatnya pada tanggal 15-16 Januari 20009. Awalnya.. Saran untuk mengadakan acara besar seperti kegiatan Muharram ini berawal dari saran pihak sekolah yang mengajukan bagaimana acara Muharram di MAN 4 model Jakarta melibatkan sekolah luar.

Setelah semua pengurus OSIS / PPK mengadakan rapat yang dimulai pada tanggal 12 Desember 2008, memutuskan untuk membuat dan melaksanakan sebuah acara untuk memperingati tahun baru islam ini. Acara tersebut kita buat semenarik mungkin dan beda dengan acara Muharram sebelum-sebelumnya. Melaksanakan kegiatan Muharram memang sudah menjadi Program Kerja OSIS seksi 1 (ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa) yaitu semua kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Oleh karena itu kami seluruh pengurus OSIS / PPK bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Hasil keputusan bersama, acara Muharram kali ini yang diketuai oleh Cheryl Raissa dari kelas X.2 diberi tema yang berjudul “ START OF SOMETHING NEW”. Isi dalam acara ini selain mengadakan santunan, kita mengadakan lomba marawis MA/SMA/sederajat tingkat se- DKI.

Butuh persiapan yang matang untuk benar-benar mempersiapkan acara ini. Sampai-sampai kita semua rela pulang malam untuk mempersiapkan semua rangkaian kegiatan acara. Banyak sekali suka, duka yang kami rasakan saat menjalankan perogram kerja ini. Kita juga tidak luput dari segala hambatan-hambatan yang hadir ditengah-tengah persiapan acara. Dengan rasa optimisme yang tinggi, alhamdulillah kita semua lancar melewatinya. Mulai dari halangan waktu kita yang sangat berdekatan dengan liburan sekolah. Hingga kita semua memutuskan untuk tetap bekerja saat libur agar lancarnya acara. Lalu hambatan untuk menentukan hari pelaksanaan acara karena saat itu sulit bagi kita melaksanakan acara yang terpotong dengan liburan. Hambatan dalam menentukan pamflet acara karena saat itu kita masih bingung hadiah yang fix. Hambatan peserta yang akan ikut lomba marawis. Sampai-sampai hambatan dalam urusan dana yang sangat sensitif.

Banyak sekali kenangan kita saat persiapan maupun saat pelaksanaan acara. Dimulai dari Bagaimana rasanya saat liburan masih datang ke sekolah untuk persiapan proposal acara, pusingnya berkali-kali kesalahan teknis dalam proposal, bagaimana rasanya harus susahnya dapetin tanda tangan Pak Sofyan saat hari libur, pulang malam nyiapin acara, kehujanan saat bikin pamflet, bingung nyariin stempel OSIS yang hilang, rela ketinggalan beberapa mata pelajaran saat nyebarin undangan buat nyari peserta, keluar masuk perusahaan buat nyari sponsor, jualin kupon buat ngajak warga MAN 4 berpartisipasi dalam acara, keluar masuk door to door, nyari donatur acara. Saat technical meeting yang kami adakan pada tanggal 9 Januari 2009, hanya 2 sekolah yang menghadiri acara technical meeting.

Rasa optimisme yang sangat kita rasakan adalah saat kita mencari peserta yang akan mengikuti lomba marawis dan saat kita mengajukan tropy ke KANWIL. Saat itu kita selalu berharap agar terus bertambah peserta yang berminat mengikuti lomba serta diterimanya pengajuan untuk mendapatkan tropy dari kanwil. Sampai tiba 1 hari sebelum acara, kita hanya mempunyai 4 peserta dari banyaknya sekolah yang kita undang. Tapi kita harus tetap bersyukur karena setidaknya berhasil mengajak 4 peserta tersebut untuk berpartisipasi dalam acara kita. Tapi saat itu kita yakin, bahwa kita pasti bisa melaksanakan acara ini. Dengan pengorbanan, perjuangan, kerja keras, kerjasama, serta sekali lagi rasa optimisme, kita bisa melaksanakan kegiatan tersebut.

Pada hari pelaksanaan kegiatan acara tanggal 15 Januari, acara cukup meriah. Serta tidak ketinggalan marawis MAN 4 turut memeriahkan acara. Walaupun ada sedikit kesalahan teknis, karena tim juri sedikit telat, acara hari pertama cukup ramai. Selain lomba marawis, MAN 4 juga melaksanakan lomba adzan yang diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI. Saat itu sangat terasa kebersamaanya saat mempersiapkan acara, mempersiapkan konsumsi, dan lainnya.

Setelah rangkaian acara berjalan, dan tim juri pun mengumumkan hasil dari lomba marawis tersebut.

  • Juara 1 : SMKN 47 Jakarta
  • Juara 2 : SMK Makarya
  • Juara 3 : SMK PGRI 14
  • Harapan 1 : SMAN 29

Pembagian hadiah dilaksanakan pada tanggal 16 Januari bersamaan dengan hari puncak kegiatan. Pada hari kedua pelaksanaan kegiatan, dihadiri oleh beberapa sekolah SMP/MTs. Selain itu dihadiri oleh beberapa guru-guru MAN 4, dihadiri oleh Pak Muchyi dan perwakilan kelas, serta dari panti asuhan Al-Ittihad dan dari anak-anak jalanan “rumah Kreasi Qta”. Pada hari tersebut isi rangkaian acara mulai dari sambutan, penampilan tari saman, marawis MAN 4, teater comic, siraman rohani, penampilan kembali tim marawis yang mendapat juara 1, serta penyerahan santunan secara simbolis dan pembagian hadiah kepada para pemenag lomba adzan dan marawis tingkat-DKI. Hadiah para pemenang marawis sebagai berikut:

  • Juara 1: sertifikat + tropy + uang Rp 500.000
  • Juara 2: sertifikat + tropy + uang Rp 250.000
  • Juara 3: sertifikat + tropy + uang Rp 150.000
  • Harapan 1: sertifikat + uang Rp 100.000

Akhirnya acara Muharram pun selesai dan berjalan dengan lancar. Semuanya telah terbayar dengan hasil jerih payah kerja keras kita untuk melaksanakan acara tersebut. Rasa syukur terus kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memudahkan jalannya acara. Serta tidak luput rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang bersangkutan atas berjalannya acara ini. Semoga acara ini bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga di tahun depan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik sehingga dapat memberikan yang lebih baik lagi. Amin..

(Dewi Setiawati, Kelas X.5 – Sekretaris PPK)


2 Comments

  1. aom says:

    terus berjuang ya adik-adikku sayang,, organisasi tidak akan berhenti sampai masa SLTA saja,, tapi di perguruan tinggi nanti dan juga di setiap jenjang kehidupan juga,, semua itu akan bermanfaat bagi kalian..
    tetaplah TERSENYUM ^_^

  2. rani pertiwi says:

    ada lg kapan nich acaranya???
    kebetulan sy khan alumni nich…
    sy kerja d BRI Cab. Sudirman…
    sy menawarkan menjadi sponsor ke OSIS/PPK or ke sekolah klo ada event2….

    klo berminat hub. 085694500609

    d tunggu y…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s